Friday, October 14, 2011

Ketidak pastian kepastian


Ketidak pastian adalah kumpulan kepastian-kepastian yang membentuk suatu alternatif. Dengan batasan syarat, lingkup, tujuan dan sasaran terlihatlah suatu kepastian. Dengan banyaknya lingkup, syarat, tujuan dan sasaran muncullah banyak kepastian. Kepastian-kepastian bergerombol dan melahirkan alternatif yang menuntut tindakan pemilihan. Lihatlah, ketidak pastian kepastian. Pilihan, lagi-lagi pilihan.

Berkata lah orang-orang: kepastian masa depan adalah yang terpenting. Perjuangan masa kini demi masa depan yang jelas. Sungguh pengebirian kepada kebebasan dan pengerdilan kepada kehadiran. Kepastian hadir dari pembatasan dan pengabaian, seperlunya. Begitu banyak pembatasan dan pengabaian yang diamini banyak orang membentuk budaya seragam yang menenangkan sekaligus menyebalkan.

Kenyamanan hadir dari keseragaman, banyak yang sejalan artinya saat jatuh kita semua bersama. Berteman dalam kubangan. Persaingan bukan hal yang aneh, saat kesamaan bertemu hasrat ingin berkuasa dan keputusan dalam menentukan pilihan yang menyangkut kebersamaan – kesamaan dan persamaan - penyamaan.

Dimana kepastian, bahkan untuk menemukannya kita bergumul dengan ketidak pastian. Banyak jalan yang pasti, bukankah itu adalah ketidak pastian jalan. Kesederhanaan pun kehilangan makna, bukan dari pilihan untuk mengambil yang diperlukan namun pemangkasan untuk menemukan kepastian. Kontekstualitas menjadikan kalau A pasti jadi B, kalau C pasti jadi D. Terus yang pasti itu A atau C?

Apa yang pasti, ketidak pastian kah? Yang tidak pasti apa dong?


Karenarasaadalahsegalanya14102011/10:07wib

No comments:

Post a Comment